Kamis, 11 September 2014

RPP IMAN KEPADA KITAB


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT
LOGO STAI.png


DOSEN PEMBIMBING   : Drs. H. MUHSIN ASERI, M. Ag
BIDANG STUDI              : MATERI PAI A
  DISUSUN OLEH:
MUHAMMAD RAHMADANI  (2012121591)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
DARUL ULUM KANDANGAN
TAHUN 2014


Nama Sekolah                       :  ........................
Mata Pelajaran                      :  Aqidah Akhlak
Kelas/semester                       :  1V / 1
Alokasi Waktu                       :  10  menit (1 kali pertemuan)

I.       Standar kompetensi
Beriman kepada kitab-kitab Allah

II.     Kompetensi Dasar
Mengenal kitab-kitab Allah

III.    Indikator
Nama-nama  kitab Allah

IV.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan nama-nama kitab Allah

V.     Karakter Siswa Yang Diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Tanggung jawab ( responsibility ),Berani ( courage)

VI.    Materi Pembelajaran   : “Kitab-Kitab Allah”
Salah satu rukun iman yang diimani oleh orang-orang yang beragama islam adalah iman kepada kitab-kitab Allah. Adapun kitab-kitab yang harus diimani oleh orang islam antara lain:
a.       Kitab zabur diturunkan kepada nabi daud AS
b.      Kitab taurat diturunkan kepada nabi musa AS
c.       Kitab injil diturunkan kepada nabi isa AS
d.      Kitab Al-Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad SAW

Oleh karena itu kita sebagai umat nabi Muhammad harus mengimani kitab Al-Qur’an yang diturunkan kepada nabi Muhammad karena kita adalah umat nabi Muhammad SAW.

V.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab Dan Ceramah

VI.    Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
a.  Kegiatan pendahuluan:
a)      Kaitan (apersepsi)
Menanyakan tentang jumlah rukun iman kepada para siswa dan mengaitkannya terhadap materi yang akan dipelajari sekarang.

b)      Pre-test
Guru menanyakan materi iman kepada kitab-kitab Allah
c)      Ruang Lingkup
Guru menjelaskan terlebih dahulu kompetensi dasar yaitu Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah, yang mencakup indikator: Siswa dapat menyebutkan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah dan Siswa dapat menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap kitab-kitab Allah
d)     Motivasi:
Sebagai umat islam yang baik maka akan menaati apa yang diperintahkan oleh Allah SWT.  salah satunya yaitu mempercayai rukun iman yang enam.  Dengan mempercayai rukun iman  maka kita telah melaksanakan apa yang seharusnya memang kita lakukan sebagai umat beragama yaitu agama islam. Namun sebelumnya kita harus mengetahui apa saja yang termasuk dalam rukun iman.

b.   Kegiatan Inti
a)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dengan mengadakan Tanya jawab.
b)      Guru memberikan pertanyaan secara singkat dan jelas. Misalnya” rukun iman yang ketiga adalah beriman kepada?” disini tidak meminta jawaban anak secara serentak atau rebutan namun memberkan arahan kepada anak siapa yang bisa menjawab hendaknya mengacungkan jari dan apabila sudah ditunjuk maka akan diberikan kesempatan untuk menjawab.
c)      Memberikan acuan. Misalnya “ nah anak-anak kalian sudah mengetahui bahwasanya kitab yang diturunkan itu berjumlah empat buah.  Diturunkan kepada nabi-nabi Allah. Nah kira-kira diantara kalian ada yang tahu kitab apa yang diturunkan kepada nabi daud AS?
d)     Memusatkan perhatian dan penyebaran giliran menjawab.. Misalnya “nah anak-anak bagaimana dengan kitab yang diturunkan  kepada nabi isa AS? Apakah ada yang tahu?. Coba diingat lagi siapa yang tahu boleh menjawab. Tapi untuk yang belum pernah menjawab ya. Bagi yang sudah beri kesempatan bagi teman yang belum pernah menjawab ya. “
e)      Memberikan waktu untuk berfikir.  Misalnya” bapak beri kalian waktu untuk memikirkan jawabannya dan silahkan menjawab jika ada yang tahu”
f)       Memberikan tuntunan. Misalnya” belum ada yang mampu menjawab ya?baiklah bapak beri sedikit informasi untuk memudahkan kalian menjawab. Kitab ini sekarang menjadi kitab umat Kristen, nah sekarang apa ada yang tahu?”

c.   Kegiatan akhir
a)      Guru menginformasikan materi pelajaran pada pertemuan yang akan datang.
b)      Setiap siswa diberi tugas individual mencari contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah selain contoh hari ini.
c)      Menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah dan salam.
VII.  Sumber atau Media Belajar
         a. Papan Tulis
         b. Proyektor
         c. Buku Aqidah Akhlak


VIII. Penilaian
a. Teknik Penilaian      : Tertulis
b. Bentuk                    : Jawaban singkat
c.  Instrumen soal        : skor
1.  Tuliskan nama-nama kitab Allah yang wajib kita imani!                           (40)
2.  Apa nama kitab yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW?          (15)
3.  Apa nama kitab yang diturunkan kepada nabi musa AS?                         (15)
4.  Apa nama kitab yang diturunkan kepada nabi isa AS?                             (15)
5.  Apa nama kitab yang diturunkan kepada nabi daud AS?                         (15)

Kunci jawaban:
1.     Inji, taurat, zabur, dan Al-Qur’an
2.    Al-Qur’an
3.    Taurat
4.    Injil
5.    Zabur






                                                                                        Kandangan, ...   …….. 2014               
        Mengetahui :                                                           

Kepala Sekolah                                                    Guru Mata Pelajaran



…………………………….                                  ……………………………..
NIP : ……………………..                                        Nimko: …………………….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar